SEKILAS INFO
: - Minggu, 01-08-2021
  • 3 bulan yang lalu / Selamat menikmati Ramadhan dengan jamuan ibadah siang maupun malam
  • 3 bulan yang lalu / Pelaksanaan Ujian Sekolah Kelas IX akan dimulai pada hari Senin, Tanggal 19 April 2021
  • 2 tahun yang lalu / Selamat datang di halaman website resmi SMP Birrul Walidain Muhammadiyah Sragen
Mengukir Goresan Sejarah

Karena 1 buku bermula dari 1 kata. Sama halnya suatu bangunan bermula dari satu batu bata yang diperankan sang tukang. Satu langkah kaki tentu menjadi awal perjalanan kita menuju objek wisata maupun objek silaturahim. Satu angka menjadi awal perhitungan yang menghasilkan nominal matematis berharga. Satu huruf pun merupakan keharusan guna melahirkan sebuah tulisan. Begitu krusial sebuah awalan.
Sejarah bangsa, salah satunya, diukir dari susunan huruf dan kata yang diolah dari sosok penulis. Tak terkecuali Bangsa Indonesia. Bergerak dalam kesunyian, tetapi nyata dalam mendesain perjalanan bangsa ini. Sosok penulis menggemakan pesan-pesan bermakna dalam ikatan tulis-menulis. Karya yang mewarnai kehidupan manusia hingga melebihi usia penulisnya sendiri. Begitu besar pengaruh goresan pena, sehingga tak bisa dipungkiri kehebatan warisan umat Islam berupa teks ilahiyah, Al-Qur’an dan As-Sunnah. Warisan abadi bagi umat Islam mendampingi usia manusia hingga akhir zaman.
Ekstrakurikuler jurnalistik bagi siswa menjadi bagian yang hendak mengekor keunggulan dan kehebatan efek dari sosok penulis. Ekstrakurikuler ini menjadi agenda rutin setiap hari jum’at. Siswa diajak untuk berlatih mengasah olah kata dan olah fikir untuk menghasilkan tulisan yang bermakna. Cita-cita dari ekstrakurikuler ini dalam proses 1 tahun kedepan berniat menelorkan buletin dan majalah. Dalam mengajak hal yang sama, setiap ekstrakurikuler dituntut menghasilkan produk dan karya nyata yang bermanfaat.
Sebagaimana di tingkat siswa, jurnalistik di lingkaran ustadz-ustadzah juga dipopulerkan. Bahkan setiap hari, hukumnya wajib launching tulisan baik berupa kilasan berita seputar sekolah maupun kajian suatu topik. Tulis-menulis, salah satunya, memiliki orientasi untuk mengasah tinta logika dan rautan sensitivitas kita dalam memandang lingkungan sekitar. Semoga dari kumpulan tulis-menulis ini mampu melahirkan buku istimewa yang menggambarkan keunggulan profil sekolah ini. Disamping tentu menjadi syiar sekolah dalam mensukseskan budaya literasi yang menembus lintas grup di tengah gelombang percepatan teknologi.

Penulis: M. Mujamil,S.PdI (WKS. Kurikulum)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan masuk untuk bisa menulis komentar.

Pengumuman

Birrul Robotic Competition 2020

Kemah Calon Dewan Pasukan HW

Masuk Pertama Tahun Ajaran 2019 – 2020

Arsip